Tuesday, February 19, 2013

Lalu Snack Apa Yang Boleh untuk Anak??

Mungkin sebagian ibu akan berfikir, lalu snack apa yang boleh dan tetap sehat diberikan kepada anak sebagai selingan makanan supaya anak tidak bosan??

Untuk bayi berusia 6 bulan yang baru mulai belajar makan, sebaiknya tidak dikenalkan dengan snack instant apapun. Namun bukan berarti tidak ada selingan makanan untuk bayi anda. Selingan yang paling baik adalah sari buah.

Buah yang bisa dipilih antara lain alpukat, apel, jeruk manis, pepaya dan pisang. Alpukat dan apel bisa anda sajikan dengan cara diblender, bila anda ingin mennambahkan rasa pada jusnya, cukup berikan susu bubuknya saja. pisang bisa diberikan dengan cara diserut dg sendok, sedangkan jeruk manis cukup dengan memeras dan mengambil airnya. selingan lain yang juga bisa berikan adalah bubur biskuit. Namun dalam hal ini sebaiknya perlu diperhatikan dalam pemilihan biskuit yang baik untuk bayi. Sebab jika anda salah memilih biskuit untuk bayi anda, justru bisa menyebabkan bayi anda batuk karena tekstur biskuit yang tidak sempurna (kasar). 

Untuk bayi berusia 9 bulan anda tetap bisa memberikan sari buah, biskuit dan sudah dapat menambahkannya dengan mengenalkan roti. anda bisa memberikannya roti tawar, roti kasur, bolu kukus, dll yang teksturnya lunak dan dan mudah dicerna anak. Namun pastikan bila mengandung rasa manis, rasa tersebut tidak dominan. Berikan pada anak dalam jumlah yang dibatasi.

Untuk anak yang sudah masuk 12 bulan, semua makanan sudah bisa anda berikan. Namun yang perlu diingat, tetaplah memilah-milah mana snack yang sehat untuk anak. Sebaiknya tidak mendidik anak memberinya permen, coklat dan chiki. Selain dapat merusak pertumbuhan giginya, saya pastikan anak yang sudah mengenal snack cenderung berkurang nafsu makannya. Membuatnya sendiri adalah pilihan terbaik bagi ibu yang bijak. 




No comments:

Post a Comment