Wednesday, February 20, 2013

Menghitung Masa Subur


Seperti yang sudah saya bahas dalam artikel sebelumnya, salah satu cara agar bisa cepat hamil adalah dengan melakukan hubungan pada waktu yang tepat, yaitu pada saat masa subur. 
Yang dimaksud dengan masa subur adalah suatu masa yang berada dalam siklus menstruasi wanita dimana waktu tersebut sel telur yang telah matang siap untuk dibuahi. Dalam satu bulan, wanita hanya menghasilkan satu sel telur saja, karenanya masa subur ini penting diketahui, sehingga bila istri melakukan hubungan seksual pada waktu tersebut kemungkinan akan membuahkan kehamilan lebih besar.
Dalam siklus haid yang normal, menghitung masa subur relatif lebih mudah jika dibanding dengan siklus haid yang tidak normal. Siklus menstruasi dikatakan normal, jika terjadi setiap 28 hari sekali setiap bulannya. Berikut ini secara detail cara menghitung masa subur wanita :

Menghitung masa subur siklus haid normal 
Misal: 
siklus haid terjadi setiap 28 hari 
- Hari ke 1 adalah hari pertama haid 
- Hari ke 10 - 17 adalah masa subur 
Contoh:
Jika wanita mulai haid tanggal 5 Maret 
Hari ke 1 adalah tanggal 5 Maret 
Hari ke 10 adalah tanggal 15 Maret 
Hari ke 17 adalah tanggal 22 Maret 
Jadi masa subur adalah dari tanggal 15 - 22 Maret 
Khusus pasangan yang ingin memiliki momongan, usahakan tanggal - tanggal itu melakukan hubungan suami istri. 


Menghitung masa subur siklus haid tidak normal  
Untuk siklus haid yang tidak normal atau tidak teratur, minimal dibutuhkan waktu sekitar 6 bulan utnuk mengetahui masa subur. 
- Catat sklus haid selama 6x atau 6 bulan berturut - turut 
- Satu siklus haid dihitung sejak hari pertama haid bulan ini sampai hari pertama haid bulan berikutnya 
- Menentukan hari pertama masa subur = jumlah hari terpendek selama 6x sklus haid dan dikurangi 18 
- Menentukan hari terakhir masa subur = jumlah hari terpanjang selama 6x siklus haid dan dikurangi 11 
RUMUS 
- Hari pertama masa subur = jumlah hari terpendek - 18 
- Hari terakhir masa subur = jumlah hari terpanjang - 11 
Contoh:
Seorang istri selama 6x siklus haid didapat siklus terpendek 25 hari dan terpanjang 31 hari. 
Masa subur wanita itu adalah Masa subur untuk hari pertama : 25 - 18 = 7 
Masa subur untuk hari terakhir : 31 - 11 = 20 
Jadi masa subur wanita itu terjadi dari hari ke 7 - 20 dihitung sejak pertama kali haid.


Ada pula cara lainnya untuk mengetahui masa subur wanita :

1. Meningkatnya suhu basal tubuh
Meningkatnya suhu basal tubuh dipengaruhi oleh hormon progesteron yang meningkat menjelang dan setelah masa ovulasi berakhir. Hormon progesteron ini yang meningkat saat masa ovulasi ini juga dapat memicu hormon seksual lainnya dan mendorong keluarnya cairan vagina atau lendir serviks saat berhubungan seksual.
Normal suhu tubuh berada dalam kisaran 35,5 – 36 derajat celsius. Saat ovulasi berlangsung maka suhu bisa mencapai 37 – 38 derajat celcius dan tidak akan kembali ke suhu normal 35 derajat. Kenaikan suhu tubuh terjadi apabila sudah terbentuknya hormon progesteron yang bertugas menyiapkan jaringan dalam rahim untuk menerima sel telur yang telah di buahi. 


2. Menilai jumlah dan sensasi lendir serviks yang keluar
Ketika hormon estrogen mencapai puncaknya saat tejadinya ovulasi dan mempengaruhi lendir serviks. Para wanita, jika ingin mengetahui sensasi dan jumlah lendir serviks sebagai salah satu tanda masa suburnya telah tiba, dapat melakuka cara dengan tes jar telunjuk yang dimasukkan hanya bagian ujung bibir vagina kemudian keluar tarik lendir serviks secara perlahan, kemudian perhatikan tekstur lendir serviks dan sensai lendir serviks yang keluar seperti cairan keputihan. Ketika masa subur dan ovulasi tiba lendir serviks agak encer, bening dan sedikit menggumpal, bila dibentuk dengan 2 jari seperti benang.



3. Dengan menggunakan alat test ovulasi
Alat test ovulasi kini sudah banyak dijual bebas dan mudah didapat baik diapotik atau toko obat umum untuk menilai masa subur yakni Test prediksi masa subur atau ovulasi. Cara kerja alat test masa subur dengan mengkur kadar hormon LH (Luteinizing Hormone) yakni hormon yang diproduksi oleh kelenjar hipofisis anterior. Kenaikan kadar hormon LH pada wanita memicu ovulasi dan perkembangan korpus luteum. Cara menggunakan alat ini hampir sama dengan menggunakan alat test kehamilan. Tapi umumnya harga alat test masa subur ini lebih mahal dibanding dengan alat test kehamilan.

3 comments:

  1. non tth mah masih belum mengerti,soalnya klo haidnya teratur tp mslhnya haidnya yg lama,jd klo ngtung masa subur dri hari pertama haid,hari kesepuluh kan tth mh msh haid gmn donk...

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Banyak metode dan cara untuk mengetahui masa subur seorang wanita, salah satunya yaitu dengan berpatok pada hari terakhir haid meskipun masa haid tidak teratur dapat di ketahui kapan masa subur seperti pada artikel http://ukynews.com/tips-mudah-menghitung-masa-subur-wanita-agar-cepat-hamil.html semoga bermanfaat.

    ReplyDelete