Wednesday, February 20, 2013

Tips Mengatasi Anak Susah Makan

Seperti yang sudah saya bahas dalam catatan saya sebelumnya, "3 kesalahan bunda yang mengakibatkan anak susah makan" menjadi titik awal kesalahan orangtua dalam mendidik anak makan yang akan menentukan kelanjutan nafsu makan anak pada usia selanjutnya. Namun bila hal itu sudah terjadi, bukan berarti anda berhenti berharap dan memvonis bahwa anak anda memang tidak akan bisa makan. 


Berikut ini saya berikan tips-tips yang bisa anda coba untuk mengatasi anak yang susah makan:

1. Variasikan makanan.

Cobalah buat beberapa pilihan menu makanan, lalu biarkan buah hati Anda memilih makanan yang ia sukai. Biasanya anak lebih suka dengan makanan pilihannya.


2. Sajikan dengan menarik
Setelah menyajikan banyak pilihan, sajikan dengan tampilan menarik. Misalnya, mencetak nasi goreng dalam cetakan teddy bear atau bebek kecil.


3. Jadikan saat makan menyenangkan
Buat suasana hati anak saat makan menjadi menyenangkan. ajak dia melihat sesautu yang membuat hatinya gembira. misalnya dengan jalan-jalan, atau mengajaknya bermain mainan yang disukainya. Jangan lupa untuk selalu memujinya bila ia sudah mau makan.
Hindari mengancam, menghukum, atau menakut-nakuti anak agar ia makan lebih banyak. Ini akan membuatnya merasa bahwa saat makan merupakan saat yang tidak menyenangkan. Dan bukan tak mungkin menimbulkan trauma psikologis baginya.

4. Makan teratur

Jadwalkan waktu makan dengan teratur, agar si kecil terbiasa dengan waktu makannya. Sama halnya dengan waktu tidur, mandi dan sebagainya.


5. Beri cemilan sehat
Setelah bisa berjalan, si kecil gemar bereksplorasi dengan lingkungannya. Apalagi ketika memasuki usia 2 tahun, aktivitasnya semakin banyak saja. Ini mungkin membuatnya sulit untuk duduk manis dan makan dengan tenang. Untuk menyiasatinya, berikan ia cemilan sehat dalam porsi kecil namun beragam. Misalnya saja bola-bola kentang isi wortel dan daging cincang, sus mini isi fla coklat, donat tabor keju, dan sebagainya.


6. Libatkanlah anak anda untuk menyiapkan makanan.
Misalnya dengan meminta pertolongannya untuk mengambilkan buah atau sayur di swalayan maupun membantu menyiapkan meja makan. Selain itu, anak anda memerlukan contoh dari orang tuanya. Bila anda mengkonsumsi makanan sehat, maka anak akan mencontoh pola makan anda sebagai orang tua.


7. Hindari memberi iming-iming makanan penutup sebagai hadiah.

Hal ini dapat menyiratkan bahwa makanan penutup merupakan makanan yang paling enak dan baik untuk anak. Selain itu, dapat meningkatkan keinginan mengkonsumsi makanan manis bagi anak. Anda dapat memberikan makanan penutup selama 2 hari dalam seminggu, sedangkan pada pekan berikutnya tidak anda berikan. Buah, yogurt atau makanan sehat lain dapat anda ganti sebagai makanan penutup.

8. Batasi pemberian minuman di sela-sela waktu makan.
Minuman rendah lemak maupun jus buah segar memang penting untuk anak, namun bila ananda terlalu banyak minum, tidak akan ada tempat yang cukup untuk makanan maupun kudapan sehat yang bisa masuk ke perut anak.


9. Hindari makanan camilan manis, snack atau minum susu saat dekat jam makan
Atur makanan selingan atau cemilan jauh sebelum waktu makan tiba. hindari makanan atau cemilan manis sebelum anak anda makan nasi. sebaiknya nada juga harus mengatur waktu pemberian susu pada anak. bila anda sudah terlanjur memberinya susu, beri jeda waktu 1 jam untuk mengajak anak makan.

10. Didik anak anda dengan memberi contoh bahwa anda juga makan.
Anak adalah peniru yang ulung. Jadi berilah contoh perilaku yang baik kepada anak. Suasana makan bersama keluarga sangat mempengaruhi nafsu makan anak. Bila anda bisa meluangkan waktu bersama untuk makan dimeja makan bersama tentu jauh lebih baik. Anak yang dididik dengan makan dimeja makan, akan dengan sendirinya tertib makan dimeja makan, dst.

semoga bermanfaat!!

1 comment:

  1. Boleh juga nih tips nya, soalnya kalo anak udah susah makan, kita sendiri juga yang bakal bingung

    ReplyDelete