Sunday, March 17, 2013

6 Kesalahan Dalam Pemberian ASI

Tidak Mencuci Tangan Sebelum Menyusui
Cucilah tangan bunda sebelum menyusui bayi . Hal ini adalah penting karena tangan adalah sumber bakteri  yang paling rentan tetapi jarang disadari oleh para bunda. Dari sanalah bayi bunda bisa mungkin terkena virus batuk, pilek, diare dll.

Menyusui Tanpa Membersihkan Puting
Sebelum bunda mulai menyusui, perahlah sedikit ASI bunda dan oleskan pada puting dan areola sekitarnya. Hal ini penting untuk mengurangi gesekan puting dengan lidah bayi (yang masih kesat) yang dapat menyebabkan lecet puting. Selain itu ASi berfungsi sebagai desinfektan.


Membiarkan Bayi Tidur Lebih dari 2 Jam Tanpa Disusui
Susui bayi minimal 2 jam sekali. Lebih sering tentu lebih baik. Tapi jangan membiarkan bayi tidur terlalu lama terutama pada 1 bulan pertama. karena pada masa sebelum 1 bulan, bayi rentan terkena ikterus (kuning pada bayi) yang disebabkan kurangnya pemberian ASI.

Menyusui Hanya Dari Salah Satu Payudara
Susui bayi pada payudara kanan dan kiri secara bergantian. Selain menjaga keindahan payudara agar tidak besar sebelah, hisapan bayi yang seimbang memberikan rangsangan yang cukup pada masing-masing payudara untuk memproduksi ASI sehingga mencegah kekurangan ASI atau payudara kosong pada salah satunya yang lama kelamaan dapat menyebabkan terhentinya produksi ASI.

Membiarkan Payudara Penuh
Perahlah ASI dengan pompa susu bila payudara bunda sudah penuh sementara bayi bunda masih kenyang atau belum mau menyusu. Hal ini penting agar tidak terjadi bendungan ASI yang mengakibatkan payudara bengkak, yang lama kelamaan akan menjadi keras seperti batu. Bila payudara sudah keras akan menyebabkan ibu demam tinggi.

Membiarkan Bayi Menyusu dengan Memutar Kepalanya
Bunda bisa membayangkan ketika bunda tidur dengan miring kesalah satu sisi secara lama atau terus menerus, bunda akan mendapati leher bunda terasa sakit?? Naaah...begitulah kira-kira rasa sakit pada bayi bunda ketika bunda membiarkan ia menyusu dengan posisi yang salah. Hal ini penting, karena posisi menentukan prestasi!! Pelajarilah cara menyusui yang baik, sehingga bayi bunda bisa menyusu dengan lahap dan tidak merasa frustasi karena ia merasakan sakit leher saat menyusui.

Sekian artikel kali ini. Semoga bermanfaat^^




No comments:

Post a Comment