Friday, March 15, 2013

Cara Menyusui yang BENAR

Salah satu penyebab kegagalan menyusui adalah disebabkan karena kesalahan bunda dalam memosisikan dan meletakkan bayi saat menyusui. Hal ini kemudian menyebabkan puting susu bunda menjadi lecet dan menimbulkan luka yang terkadang membuat bunda menjadi malas untuk menyusui, kemudian produksi ASI menjadi berkurang dan pada akhirnya si kecil pun menjadi malas menyusu. Jika kondisi seperti terus berlanjut, bisa jadi proses menyusui akan terhenti dan si bayi akan kehilangan manfaat ASI yang luar biasa bagi pertumbuhannya.

Berikut ini langkah cara menyusui bayi yang benar :
  1. Bayi dipegang dengan satu lengan. Kepala bayi diletakkan dekat lengkungan siku ibu, bokong bayi ditahan dengan telapak tangan ibu. Gunakanlah bantal untuk membantu menyangga agar anda lebih nyaman.

  2. Perut bayi menempel ke tubuh ibu.
  3. Mulut bayi berada di depan puting ibu.
  4. Lengan yang di bawah merangkul tubuh ibu, jangan berada di antara tubuh ibu dan bayi. Tangan yang di atas boleh dipegang ibu atau diletakkan di atas dada ibu.
  5. Telinga dan lengan yang di atas berada dalam satu garis lurus.
  6. Dagu menempel ke payudara ibu.
  7. Mulut terbuka lebar.
  8. Sebagian besar areola (lingkaran hitam sekitar puting susu) terutama yang berada di bawah, masuk ke dalam mulut bayi. Bila posisi mulut bayi belum pas, tekan dagunya agar mulutnya terbuka lebar.
  9. Bibir bayi terlipat keluar.
  10. Pipi bayi tidak boleh kempot (karena tidak menghisap, tetapi memerah ASI).
  11. Tidak boleh terdengar bunyi decak, hanya boleh terdengar bunyi menelan.
  12. Ibu tidak kesakitan.
  13. Bayi tenang.
  14. Apabila posisi dan perlekatan sudah benar, maka diharapkan produksi ASI tetap banyak.
Naaaah... sekian artikel tentang cara menyusui yang benar semoga bunda-bunda bisa berhasil menyusui si kecil secara ekslusif elama 6 bulan yaa.... Selamat menyusui^^

No comments:

Post a Comment