Tuesday, February 26, 2013

Kesalahan Teknis Penyebab Gumoh dan Muntah Pada Bayi

Gumoh dan muntah mungkin adalah hal yang kebanyakan paling sering dikeluhkan para bunda tentang bayinya. Seperti yang sudah kita bahas pada artikel sebelumnya, tidak semua gumoh dan muntah pada bayi adalah hal yang berbahaya. Kebanyakan yang terjadi adalah karena kesalahan teknis bunda yang belum mengerti atau tidak tahu. 

Berikut ini adalah kesaahan teknis yang perlu bunda perhatikan agar bayi anda tidak gumoh dan atau muntah:

Menyusui dengan posisi tidur
Cara duduk adalah cara terbaik anda memberikan ASI untuk bayi anda. Namun kebanyakan ibu lebih senang menyusui bayi dengan cara tidur miring. Bila hal ini anda lakukan, pastikan bahwa posisi kepala bayi anda lebih tinggi daripada badannya.

Terlalu banyak ASI
Perhatikan pula perut bayi anda saat menyusui. Jika bayi anda memakai celana, pastikan karet celananya tidak mengikat perutnya terlalu kuat. Jika perut bayi sudah terlihat membesar, itu artinya bayi sudah kenyang. Jangan memaksakan atau meneruskan memberikan ASI anda padanya karena bertekad membuat bayi anda gemuk. Berikan porsi sedikit tapi sering.

Tidak menyendawakan bayi
Bila bunda telah selesai menyusui, jangan terburu-buru meletakkan bayi anda ke tempat tidur. Bantu bayi anda mengeluarkan angin didalam perutnya dengan cara disendawakan. Caranya: posisikan badan bayi tegak secara perlahan-lahan dengan bersandar dibahu anda. Lalu tepuk-tepuk punggung bayi dengan lembut. Biarkan bayi anda dalam dekapan anda 2-5 menit sebelum menidurkannya.

Meletakkan bayi dengan posisi kepala lebih rendah dari badannya
Kesalahan yang juga sering dilakukan ibu-ibu adalah saat meletakkan bayinya ditempat tidur. Bila anda hendak meletakkan bayi anda di tempat tidur, mulailah dengan meletakkan pantatnya terlebih dahulu baru kemudian kepalanya. Hal ini menjaga agar posisi kepala tidak lebih rendah daripada badannya untuk menjaga isi perut naik ke atas.

Mengayun-ayun bayi
Kebiasaan yang sebenarnya juga mengandung bahaya tetapi tidak disadari oleh para orang tua adalah mengayun-ayun bayi. Kebiasaan yang masih sering dilakukan sebagai cara untuk menidurkan bayi ini ternyata bisa memicu perdarahan pada otak. Kepala bayi yang masih sangat lunak rentan terhadap goncangan. Begitu juga isi perut bayi. Maka dari itu, sebaiknya hindarilah mengayun-ayun bayi anda.



No comments:

Post a Comment